-->
Ruang Guru Gratis Bersama Rumah Belajar
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat Pagi Sahabat guruberb4agi, semoga kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan oleh yang Maha Kuasa amiin....

Hari ini, mimin ingin berbagi sediki pemahaman tentang "Ruang Guru"... Tau kan Ruang Guru?????... Pastinya... Hampir setiap hari baik dimedia cetak maupun elektronik menampilkan promosi dan iklan dari "Ruang Guru"...   Sebenarnya apa sih Ruang Guru  itu???

Merujuk situs web Ruang Guru https://ruangguru.com/general/about ) , Ruang Guru merupakan perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan telah memiliki lebih dari 6 juta pengguna serta telah mengelola lebih dari 150.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran. Perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses dibawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk teknologi konsumen di Asia. Ruangguru berkomitmen untuk menjadi mitra bagi pemerintah daerah demi memberikan pendidikan berkualitas melalui Sistem Manajemen Belajar (LMS). Tahun lalu, Ruangguru berhasil bekerja sama dengan 32 (dari 34) pemerintah provinsi dan lebih dari 326 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia. Selain itu, Ruangguru juga menawarkan video belajar berlangganan, marketplace les privat, layanan bimbingan belajar on-demand, tryout ujian online, dan lain-lain.

Sahabat guruberb4agi, tentunya jika ingin bergabung kepada ruang guru harus dengan pesyaratan tertentu yang telah ditetapkan oleh ruangguru dibaca (dengan membayar). Terus Kalau ngga' punya uang bagaimana?????....

Baiklah.. jika kita tidak memiliki uang untuk membayar diruang guru Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Subbidang Aplikasi dan Pengendalian Bidang PTP Berbasis Multimedia dan Web Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat memanfaatkan layanan belajar melalui Online maupun Offline secara "GRATIS"  melalui Portal (https://belajar.kemdikbud.go.id/).  Layanan belajar ini tidak dipungut biaya apapun alias "Gratis".  Layanan ini biasa disebut dengan "Rumah Belajar".

Apa sih sebenarnya "Rumah Belajar"???....

RUMAH BELAJAR merupakan hasil pengembangan portal sebelumnya yang diluncurkan pada 15 Juli 2011, berisi konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sebagai sumber media pembelajaran. Dengan jargon: Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja, Rumah Belajar sangat mudah diakses. Begitu di-klik, langsung muncul halaman pertama dengan berbagai menu pilihan kelompok materi belajar. Pada menu Fitur Utama terdapat delapan kelompok konten, yaitu Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Kelas Maya. Sedangkan pada menu Fitur Pendukung terdapat tiga kelompok konten, yaitu Karya Guru, Karya Komunitas, serta Karya Bahasa dan Sastra. Ada pula materi pembelajaran yang terhimpun dalam Fitur Pendukung. (sumber: Kemdikbud)

Rumah Belajar berisi konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik pendidikan anak usia dini (PAUD), sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas/kejuruan (SMA/SMK) sebagai sumber media pembelajaran. Adapun jargon dari Rumah Belajar yakni belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja

Pada menu fitur utama terdapat delapan kelompok konten, yaitu sumber belajar, buku sekolah elektronik, bank soal, laboratorium maya, peta budaya, wahana jelajah angkasa, pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan kelas maya. Pada menu fitur pendukung Ruang Belajar ada tiga kelompok konten, yaitu Karya Guru, Karya Komunitas, serta Karya Bahasa dan Sastra. Ada pula materi pembelajaran yang terhimpun dalam Fitur Pendukung. Secara Singkatnya mimin akan menjelaskan Detail dari rumah belajar sebagai berikut. :

1. Halaman Depan 
Sources : belajar.kemdikbud.go.id
2. Fitur Utama terdiri dari :
Sources : belajar.kemdikbud.go.id
3. Konten Terbaru.
Konten Terbaru disediakan untuk materi pelajaran yang relevan sesuai dengan kurikulum. Menariknya pada konten terbaru berisi vidio pembelajaran, materi pelajaran, latihan soal dan tes untuk menguji pemahaman terhadap materi.
Sources : belajar.kemdikbud.go.id
4. Fitur Pendukung
Didalam fitur pendukung ada 3 komponen utama yaitu Karya komunitas, Karya Guru dan Karya Bahasa dan Sastra. 
  • Karya Komunitas diakses melalui laman  https://belajar.kemdikbud.go.id/KaryaKomunitas/  yang berisi konten yang disediakan oleh guru guru lintas mapel yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna rumah belajar.
  • Karya Guru diakses melalui laman https://belajar.kemdikbud.go.id/KaryaGuru/ berisi konten hasil karya guru dalam menyusun materi pembelajaran mulai dari tingkat TK s.d tingkat SMK.yang bisa dibuat untuk belajar online maupun offline dengan mengunduh filenya.
  • Karya Bahasa dan Sastra diakses melalui laman https://belajar.kemdikbud.go.id/BahasaSastra/  yang berisi segala maca jenis Puisi dan sastra dan prosa yang disajikan dalam bentuk buku digital yang dapat diakses malalui daring online.

Sources : belajar.kemdikbud.go.id
5. Sumber Belajar Lain yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja untuk manambah referensi dan sumber belajar yang lebih lengkap.
Sources : belajar.kemdikbud.go.id

Cukup Lengkap Bukan?????...... Terus Bagaimana cara memanfaatkan fitur Rumah Belajar ini???... 
Dalam memanfaatkan Rumah Belajar pengguna akan di dampingi oleh Duta Rumah Belajar yang telah dipilih dari 34 Provinsi. Mereka merupakan perpanjangan tangan dari Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) Kemendikbud, dalam melakukan Sosialisasi pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK), khususnya pemanfaatan Rumah Belajar di masing-masing provinsinya. 

Oke cukup sampai disini terlebih dahulu pemamaparan tentang Ruang Guru "GRATIS" jika ada pertanyaan langsung saja chat dikolom komentar.. dan akan dilanjutkan dengan cara menggunakan Portal Rumah Belajar.....

salam guruberb4gi
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh








LihatTutupKomentar

Renponsif 2