-->
RPP KD 3.1 dan 4.1 Administrasi Insfrastruktur Jaringan
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat Pagi Sahabat guruberb4agi, semoga kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan oleh yang Maha Kuasa amiin....

Mimin kembali menulis mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Administrasi Insfrastruktur Jaringan kelas XI secara bertahap, Hari ini, mimin membuat RPP KD 3.1 dan KD 4.1 Tentang VLAN.. Sebelumnya... sedikit mimin jelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan "KD". KD adalah Kompetensi Dasar. ðŸ’‚💂 maksudnya????? jadi sederhananya seperti ini lah...... Disetiap Mata Pelajaran itu terdiri dari beberapa komponen sesuai dengan SILABUS.... diantaranya adalah Kompetensi Inti didalamnya memuat Kompetensi Inti Pengetahuan nah ini biasanya ditulis KI-3 (Pengetahuan)  dan Kompetensi Keterampilan dengan penulisan biasanya adalah KI-4 (Keterampilan). Kalau disalabusnya susunannya seperti dibawah ini.... 


Sumber:Doc Pribadi

Selanjutnya adalah bagaimana cara kita seorang guru akan mengimplementasikan Kompetensi dasar 3.1 dan 4.1 kedalam format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).. RPP merupakan Pedoman bagi guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengakar dikelas. Biasanya dibuat sebelum awal tahun pelajaran baru.... biasanya dikumpul melalui bagian kurikulum pada sekolah masing-masing... kalau malas "Ngeprint" ya kasi aja link blognya ke waka kurikulum xixixixi.... 😅😅

Baiklah mimin akan memberikan contoh RPP yang mimin buat (tapi malas ngeprint)  secara kan mengurangi penebangan pohon dan mencegah global warming xixixix 😉😉😉... ampun bu wakakur......

Katakanlah RPP itu ada bagian-bagiannya diantaranya yang wajib adalah.....

A. Identitas Mata Pelajaran 
B. Standar Kompetensi KI 3 dan KI 4
C. Kompetensi Dasar dan Indikator
D. Tujuan dan Materi Pelajaran,, 


E. Pendekatan, Model Dan Metode Pembelajaran
Sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya mimin akan berbagi sedikit tentang bagaimana mengkombinasikan pembelajaran Saintifik dengan Metode pembelajaran Discovery Learning. (bukan menggurui ini tapi ya.....)😉😉😉.

Baiklah kita mulai saja.... jadi yang sama-sama kita ketahui bahwasannya pembelajaran Saintifik itu lebih kita kenal dengan istilah "5 M" apa maksudnya????.....  Maksud dari 5 M itu adalah Memahami, Menanya, Mengumpulkan Informasi/ Eksperimen, Mengasosiasikan/ Mengolah, Mengkomunikasikan,,, Apakah 5 M ini wajib ada dalam RPP?????.... kalau mimin pribadi disesuaikan dengan materi pelajarannya saja... dan tidak harus kelima-lima nya masuk dalam RPP..... ðŸ˜ŠðŸ˜ŠðŸ˜Š  

Kemudian kita juga diminta untuk memasukkan metode pembelajaran dalam RPP... nah yang kebanyakan (bukan berarti semua) "LUPA" memasukkan metode pembelajaran sehingga yang muncul hanya Saintifik nya saja.......

Oke....  mari kita lihat bagaimana Sintak/Tahapan metode pembelajaran Discovery Learning????

Menurut Syah (2004:244) dalam mengaplikasikan metode Discovery Learning di kelas, ada beberapa prosedur yang harus dilaksanakan dalam kegiatan belajar mengajar secara umum sebagai berikut:
  1. Stimulation (Stimulasi/Pemberian Rangsangan)
  2. Problem Statement (Pernyataan/ Identifikasi Masalah)
  3. Collection (Pengumpulan Data)
  4. Processing (Pengolahan Data)
  5.  Verification (Pembuktian)
  6. Generalization (Menarik Kesimpulan/Generalisasi)
Setalah kita mengetahui tentang Saintifik dan Discovery learning langkah berikutnya dalah menggabungkan  pendekatan saintifik dan metode discovery learning kedalam RPP... 😊😊 oh iy satu lagi point yang paling penting adalah pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan materi yang akan disajikan sesuai denga silbus..... pada intinya harus pandai-pandai lah menentukan metode yang "sesuai"dengan kondisi dan materi yang akan disampaikan..... nah yang beratnya ini adalah menyesuaikan pada saat kegiatan belajar berlangsung "(apalagi ada pengawas)" bisa hilang semua xixixixxi😅😅😅😅

hhhmmmmmmmmmmm dari pada bingung mendingan langsung sajalah  mimin tampilkan RPP yang sudha mimin buat... heheheeh kalau salah harap dikoreksi dech...

F. Kegiatan Pembelajaran

Seperti itulah contoh penggabungan antara Saintifik (5M)  dengan metode pembelajaran Discovery Learning)....  nah untuk kedalaman materi yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan dari yang membuat RPP juga berapa lama durasi yang dibutuhkan juga.... sebenarnya kalau mimin pribadi RPP yang dicontohkan ini belum mencakup keseluruhannya... bisa dilihat kan dari materi Pokok pada KD mengevaluasi Vlan ini sangat banyak... tinggal disesuaikan saja dengan format RPP nya.... untuk pertemuan pertama biasanya kan kita harus Banyak melakukan Review mengenai IP address, Subnetting, Perangkat Network, Osi layer... dan masih banyak lagi.... 😑😑😑.. Akhirnya kita sampai pada bagian akhir pembuatan RPP... sudah sore juga rupanya.....

 G,H adalah bagian paling akhir.....



Oke mimin rasa sdh cukup..... mudah2an bermanfaat... untuk catatan mungkin disetiap sekolah akan ada perbedaan cara menyusun RPP,,,,, jadi butuh masukan dari rekan-rekan sesama guru.... 😜😜😜😜
Jobsheet dan materi tentang RPP ini juga dapat di download pada blog ini... 😙😙😙

salam guruberb4gi
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

LihatTutupKomentar

Renponsif 2