-->
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Kiat-Kiat Membuat PTK
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat Pagi Sahabat guruberb4agi, semoga kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan oleh yang Maha Kuasa amiin....

Penelitian Tindakan Kelas merupakan sosok dan momok yang sangat "Menakutkan"  Bagi "sebagian" orang..... Siapa saja......?????? sebagai contoh saja.... (Mahasiswa khusus pendidikan  untuk membuat skripsi dan tugas akhir........) Siapa lagi??????..... (Guru........ "eh kok Guru"  iya.... guru diminta juga untuk membuat Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan untuk kenaikan pangkat dalam jabatannya.... banyaknya membuat Penelitian tindakan kelas untuk guru yang mau naik pangkat juga bervriasi.... sebagai contoh Golongan IIIb ke Golongan IIIc membuat PTK sebanyak 1 judul PTK.  Semakin tinggi kenaikan pangkat guru dalam jabatan maka semakin banyak pulalah  PTK yang harus dibuat sebagai Persyaratan Kenaikan pangkatnya..... Terus siapa lagi..... nah ini yang lagi menjadi trend sekarang adalah Guru yang sedang melaksanakan PPG.... hmmm apa itu PPG....... PPG adalah Pendidikan Profesi Guru....  Pada Akhir dari pelaksanaan PPG guru yang bersangkutan diminta untuk membuat PTK yang nanti setelah pelaksanaan PPG selesai dan kembali kesekolah masing-masing untuk melakukan penelitian lanjutannya........  Nah dari sini kita bisa paham kegunaan PTK...... 

Sebelum mimin memulai menulis tentang "Penelitian Tindakan Kelas (PTK)"  tentu ada pertanyaan yang serius yang keluar dari benak kita tentang "PTK"  ini sebenarnya fungsi dari PTK yang mau dibuat hanya untuk kenaikan pangkat saja???????..... 😅😅😅  
Atau hanya sebagai pelepas untuk pelengkap penderitaan 👊 administrasi?????? 😀😀

"Jawabannya dikembalikan kepada masing-masing individu aja ya........." Namun Fungsi dari PTk menurut Para ahli yang mimin kutip dari berbagai sumber buku diantaranya....

Menurut Igak Wardani (2011) Definisi Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kenerjanya sebagai guru, sehingga diharapatkan tujuan Penelitian Tindakan Kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa, atau peserta didik.

Selain itu menurut Suparno, (2008) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian tindakan yang dilakukan oleh guru dengan tujuan untuk memperbaiki mutu pelaksanaan pembelajaran di kelasnya.

Dengan memahami pengertian dari PTK yang sudah mimin kutip dari dua sumber ini, diharapkan PTK yang kita buat  tidak hanya dijadikan sebagai administrasi saja namun dijadikan sesuatu yang bernilai untuk perbaikan cara kita mengajar sehingga jika ada kekurangan bisa diperbaiki, kemudian perbaikan cara mengelola kelas, perbaikan terhadap materi pelajaran, perbaikan terhadap cara menyampaikan materi dan masih banyak lagi "yang dapat dilakukan dengan PTK"  yang muaranya.....   atau istilah dimimin adalah "GOLD" nya ingin memperbaiki proses dan kegiatan belajar mengajar kedepan yang "LEBIH BAIK"  Baiklah mimim lanjutkan lagi...... 👀👀👀



Berikut ini mimin berikan Tips dan Trik yang pernah mimin pelajari dalam membuat PTK....  Setidaknya dengan menerapkan tips dan trik ini bisa terselesaikan PTK sebanyak 2 judul "BAB I, II, III"  Loh hasilnya mana?????..... Hasilnya sengaja tidak dipublikasikan....... heheheh 😵😵😵



Oke mari kita bahas Tahapan-Tahapannya.... untuk memulainya kita harus menemukan masalah yang kita hadapi terlebih dahulu pada saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) didalam kelas berlangsung. ini mimin berikan beberapa contoh permasalahan yang berhubungan dengan peserta didik yang mimin pakai istilah siswa saja "agar g repot ngetiknya"..
  1. Siswa Ribut Pada saat guru Menjelaskan Materi.
  2. Siswa Main Game pada saat Guru memberikan Tugas.
  3. Siswa Suka menjawab pertanyaan yang sebetulnya itu tidak perlu.
  4. Siswa  sukanya menyontek.
  5. Siswa tidak tertarik dengan materi pelajaran.
  6. Siswa tidak bersemangat dalam belajar.
  7. Siswa hanya terpaku pada dirinya sendiri...
  8. Siswa tidak pro aktif dalam belajar.
  9. dll 😅😅
Nah... yang mimin tampilkan diatas cuma sebagai contoh saja permasalahan-permasalahan yang biasa kita temui sebagai guru... namun masih banyak lagi permasalahan lain yang bisa dijadikan untuk melakakuan penelitian tindakan kelas....

Apa dari siswa saja yang harus muncul permasalahannya......?????  tentu tidak.......  dari guru juga bisa terjadi permasalahan...... (Bukannya menyalahkan ini ya) tapi disadari ataupun tidak guru juga harus memperbaiki juga cara mengajarnya.. sebagai contoh...
  1. Penggunaan Media dalam Pembelajaran
  2. Penggunaan Metode Mengajar
  3. Pengelolaan kelas
  4. Management Waktu dalam menyampaikan materi.
  5. Pengelompoan siswa,
  6. dll 😓😓
Selanjutnya bagaimana cara menentukan "Judul"...... Judul ditetapkan apabila jika dan hanya jika permasalahan sudah ditemukan.... sebagai contoh ini mimin pernah membuat dan melakukan penelitiannya... 

jadi inilah kisahku...... (LebaY)....  Sebelum menentukan judul ini mimin sebagai guru telah melakukan observasi awal terhadap siswa dengan menerapkan pembelajaran seperti biasa.... Masuk, kelas disiapakan, mengabsen, dan dilanjutkan dengan kegiatan KBM seperti biasa (konvensional lah)... apa yang terjadi....... ???..  (siswa ada yang memperhatikan ada yang tidak..,, siswa ada tidur, main hp, kalau ada ulangan hasilnya mengenaskan,,...dan aduhhhh....) Nah berdasarkan permasalahan itu maka mimin mengubah cara belajar secara menyeluruh dengan menggunakan Discovery Learning. apa pula Discovery Learning  itu???? silahkan cari lilteraturnya y.... Kembali ke Judul yang mimin punya.... 
Image Sources : Doc Pribadi
PTK ini dahulunya dibuat untuk memenuhi persyaratan untuk menyelesaikan pendidikan profesi guru (PPG) dalam jabatan tahun 2018. dan inshaallah akan digunakan untuk kenaikan pangkat juga.. jadi "Dobel Manfaat" untuk menjaga diri dan mengahargai karya orang lain dan karya yang kita buat terhindar dari Plagiat dan copy paste ada aplikasi khusus yang digunakan yaitu:
  1. turnitin diakses melalui https://www.turnitin.com/
  2. copy scape diakses melalui https://www.copyscape.com/
  3. masih banyak lagi yang lain tapi setidaknya dua aplikasi ini sdh cukup.
Selanjutnya adalah menyusun isi dari BAB I PTK yang akan dibuat.... yang terdiri dari beberapa bagian diantaranya adalah seperti pada gambar dibawah ini..
Image Sources : Doc Pribadi
A. Latar Belakang Masalah...
Tips Membuat Latar belakang Masalah dengan metode piramida terbalik... Loh kok Bisa?????
ya iyalah... kenapa??? ada yang bisa jawab???? hmmmmm baiklah mimin jelaskan sedikit y...

Image Sources : Doc Pribadi
Dari Gambaran membuat BAB I sesuai dengan Piramida Terbalik ini secara tidak langsung memudahkan kita untuk menyelesaikan PTK yang sudah lama kita impikan  Mudah-mudahan terwujud... Amin  Selanjutnya adalah...

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang sudah diuraikan maka dirumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana cara meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Routing dengan menggunakan model  Discovery Learning Pendekatan Saintifik di kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Pekanbaru.

C. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Discovery Learning Pendekatan Saintifik  sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pembelajaran Routing di kelas XI SMK Negeri 1 Pekanbaru.

D. Manfaat  Penelitian

1. Guru 
  • Sebagai sarana dalam memperbaiki proses pembelajaran dalam kelas pada masa  yang akan datang.
  • Sebagai referensi bagi rekan-rekan guru yang lain yang akan menerapkan metode discovery learning dengan pendekatan saintifik di sekolah masing-masing.
  • Dapat dijadikan referensi dan pedoman bagi guru dalam memilih metode pembelajaran yang dapat meningkatka hasil belajar.

2. Siswa
  • Dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas XI TKJ.
  • Dapat menjadikan siswa aktif, kreatif dan berfikir kritis sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya.

3. Sekolah 
  • Sebagai informasi bagi sekolah untuk meningkatkan prestasi sekolah dan mengembangkan sumber daya guru dan siswa dalam meningkatkan mutu pendidikan dalam penerapan berbagai metoda khususnya penerapan model pembelajaran discovery learning.
Kata orang-orang sih kalau BAB I sudah selesai maka 90% Penelitiannya sudah terbentuk,, xixixix untuk BAB selanjutnya silahkan untuk coment di kolom komentar.. dan kalau ingin melihat bagaimana penerapan salah satu metode pembelajaran silahkan klik llink tautan berikut ini https://youtu.be/Yf9Lqz8WAhM dan jangan lupa like dan Subscribe ya.... 😉😉 untuk blog ini jangan lupa juga di klik i*lannya.. 😉😉😉


oke cukup sekian dahulu,,,, (sudah keriting dan sudah banyak mengarang cerita)....  Mudah-mudahan bermanfaat bagi siapa saja yang ingin menulis mengenai PTK... 

salam guruberb4gi
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh



  





LihatTutupKomentar

Renponsif 2