Refleksi
Mempelajari hasil pengamatan dan mempertimbangkan hasil dari proses belajar mengajar atau dampak dari hasil proses belajar mengajar yang telah dilakukan. Kelemahan dan kekurangan dari proses belajar mengajar yang telah dilakukan dijadikan dasar untuk diperbaiki pada rencana proses belajar mengajar selanjutnya..
Bagi seorang guru, biasanya refleksi digunakan sebagai pedoman untuk menyusun rencana pembelajaran dan proses pembelajaran selanjutnya yang akan dilaksanakan sehingga akan menghasilkan pendidik yang ideal, yaitu pendidik yang altruis, demokratis, memberikan pelayanan yang menyenangkan dan berkualitas, professional dan tidak kebal akan kritik membangun. Dengan demikian tidak dapat disanggah, bahwa refleksi dalam pendidikan itu sangat penting, tetapi memang lebih penting lagi melakukannya.
Contoh Format yang biasa digunakan adalah sebagai berikut ini:
Refleksi :
*hal –hal yang perlu menjadi perhatian
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
*Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
*Hal – hal yang menjadi catatan keberhasilan
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
*Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
Remedial :
Memberikan remedial bagi siswa yang belum memenuhi kompetensi yang diinginkan
Pengayaan :
Memberikan kegiatan - kegiatan pengayaan bagi siswa yang belum memenuhi target pencapaian
kompetensi