-->
RPP SISKOM KD 3.4
RENCANA    PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN
Sekolah   :  SMK Negeri 1 Pekanbaru
Mata Pelajaran  :  Sistem Komputer
Kelas / Semester   :  XI / 1
Materi Pokok Memahami dan menganalisis symbol yang digunakan pada  flowchart atau Struktogram
Alokasi Waktu  :  2 x 45 menit (4 x Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KI 1:    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2:    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
            royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
            sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
            dengan \ lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
            dalam  pergaulan dunia
KI 3:    Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
            prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan,
            teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan,        
            kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
            pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
            untuk memecahkan masalah
KI 4:   Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
           dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak
           secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan  komputer dan menggunakannya sebagai sarana            pembelajaran.
2.  Menujukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif dan santun dalam menggunakan komputer          untuk menyelesaikan  permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.  Memahami  dan menganalisis simbol yang digunakan pada flowchart
4.  Menggunakan simbol yang digunakan pada flowchart untuk memecahkan masalah

Indikator :
Pertemuan Ke-1 :
1. Mampu memahami simbol blok dan fungsinya
2. Mampu memahami  simbol cabang  tunggal tunggal dan fungsinya

Pertemuan Ke-2 :
1. Mampu memahami  simbol cabang rangkap dan fungsinya

Pertemuan Ke-3 :
1. Mampu mamahami simbol pengulangan bersyarat (tanpa syarat) dan fungsinya
2. memahami  simbol program bagian (subroutine) dan fungsinya

Pertemuan Ke-4 :
1. Mampu menerapkan simbol-simbol untuk memecahkan masalah

D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Flowchart
2. Pedoman dalam membuat flowchart
3. Jenis Flowchart
4. Penggunaan symbol-simbol flowchart dalam memecahkan masalah

E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Problem solving learning

F. Alat/Sumber/ Media Pembelajaran :
Alat                 : LCD, laptop Software Visio
Sumber Pembelajaran : Internet, Modul Sistem Komputer
Media Pembelajaran : Presentasi, slide power point

G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1. Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan kondisi, absensi  dan pembelajaran sebelumnya tentang struktur interkoneksi (bus)
2. Siswa menerima informasi keterkaitan antara pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3. Siswa menerima informasi kompentensi, materi pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.  Guru mengarahkan siswa agar pembelajaran dapat melalui pendekatan saintific






15  menit
Kegiatan Inti
Pertemuan 1
Mengamati
Siswa mendengarkan , melihat , menyimak penjelasan guru mengenai simbol blok dan fungsinya dan simbol cabang  tunggal beserta fungsinya.

Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari apa yang diamati baik tentang materi maupun tugas

Menggumpulkan informasi
Dari berbagai sumber ,media lain (internet ) untuk membahas tugas yang diberikan guru

Mengasosiasi
Menggolah informasi dari media internet ,dari menanya dan mengamati  untuk menjawab tugas dari guru







 60 menit

Kegiatan Penutup
1.      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang           sudah dilakukan.
2.     Guru menagih tugas dalam bentuk soft copy power point, untuk kegiatan pembelajaran pertemuan ke  2.


 15 Menit

H. Penilaian
Jenis/Teknik Penilaian
Jenis
Teknik
Bentuk
Sikap
-          Observasi kerja kelompok
-          Nilai diri
-          Nilai antar teman
-          Lembar observasi
-          Angket nilai diri
-          Angket nilai antar teman
Pengetahuan
-          Tes Tertulis
-          Soal objektif
Keterampilan
-          Portofolio
-          Performa Presentasi
-          Laporan portofolio hasil observasi
-          Rubrik penilaian
Penilaian Pengetahuan
Soal
1. Jelaskan pengertian dari flowchart (diagram alur)
2. Jelaskan kegunaan flowchart dan  pedoman dalam membuat flowchart
3. Jelaskan tiga struktur flowchart
4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan program flowchart dan berikan contohnya 

LihatTutupKomentar

Renponsif 2