RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Negeri 1 Pekanbaru
Mata Pelajaran : Sistem Komputer
Kelas / Semester : XI / 1
Materi Pokok : Memahami dan menganalisis symbol yang digunakan pada flowchart atau Struktogram
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (4 x Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan \ lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak
secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan komputer dan menggunakannya sebagai sarana pembelajaran.
2. Menujukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif dan santun dalam menggunakan komputer untuk menyelesaikan permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3. Memahami dan menganalisis simbol yang digunakan pada flowchart
4. Menggunakan simbol yang digunakan pada flowchart untuk memecahkan masalah
Indikator :
Pertemuan Ke-1 :
1. Mampu memahami simbol blok dan fungsinya
2. Mampu memahami simbol cabang tunggal tunggal dan fungsinya
Pertemuan Ke-2 :
1. Mampu memahami simbol cabang rangkap dan fungsinya
Pertemuan Ke-3 :
1. Mampu mamahami simbol pengulangan bersyarat (tanpa syarat) dan fungsinya
2. memahami simbol program bagian (subroutine) dan fungsinya
Pertemuan Ke-4 :
1. Mampu menerapkan simbol-simbol untuk memecahkan masalah
D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Flowchart
2. Pedoman dalam membuat flowchart
3. Jenis Flowchart
4. Penggunaan symbol-simbol flowchart dalam memecahkan masalah
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Problem solving learning
F. Alat/Sumber/ Media Pembelajaran :
Alat : LCD, laptop Software Visio
Sumber Pembelajaran : Internet, Modul Sistem Komputer
Media Pembelajaran : Presentasi, slide power point
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
3. Memahami dan menganalisis simbol yang digunakan pada flowchart
4. Menggunakan simbol yang digunakan pada flowchart untuk memecahkan masalah
Indikator :
Pertemuan Ke-1 :
1. Mampu memahami simbol blok dan fungsinya
2. Mampu memahami simbol cabang tunggal tunggal dan fungsinya
Pertemuan Ke-2 :
1. Mampu memahami simbol cabang rangkap dan fungsinya
Pertemuan Ke-3 :
1. Mampu mamahami simbol pengulangan bersyarat (tanpa syarat) dan fungsinya
2. memahami simbol program bagian (subroutine) dan fungsinya
Pertemuan Ke-4 :
1. Mampu menerapkan simbol-simbol untuk memecahkan masalah
D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Flowchart
2. Pedoman dalam membuat flowchart
3. Jenis Flowchart
4. Penggunaan symbol-simbol flowchart dalam memecahkan masalah
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Problem solving learning
F. Alat/Sumber/ Media Pembelajaran :
Alat : LCD, laptop Software Visio
Sumber Pembelajaran : Internet, Modul Sistem Komputer
Media Pembelajaran : Presentasi, slide power point
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan kondisi, absensi dan
pembelajaran sebelumnya tentang struktur
interkoneksi (bus)
2. Siswa
menerima informasi keterkaitan antara pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3. Siswa
menerima informasi kompentensi, materi pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru
mengarahkan siswa agar pembelajaran dapat melalui pendekatan saintific
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Pertemuan 1
|
Mengamati
Siswa mendengarkan , melihat , menyimak penjelasan guru mengenai simbol blok dan fungsinya dan simbol cabang tunggal beserta fungsinya.
Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang informasi yang
tidak dipahami dari apa yang diamati baik tentang materi maupun tugas
Menggumpulkan informasi
Dari berbagai sumber ,media lain (internet ) untuk membahas tugas yang
diberikan guru
Mengasosiasi
Menggolah informasi dari
media internet ,dari menanya dan mengamati
untuk menjawab tugas dari guru
|
60 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Siswa
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
2. Guru
menagih tugas dalam bentuk soft copy power point, untuk kegiatan pembelajaran
pertemuan ke 2.
|
15 Menit
|
H. Penilaian
Jenis/Teknik Penilaian
Jenis
|
Teknik
|
Bentuk
|
Sikap
|
-
Observasi kerja
kelompok
-
Nilai diri
-
Nilai antar teman
|
-
Lembar observasi
-
Angket nilai diri
-
Angket nilai
antar teman
|
Pengetahuan
|
-
Tes Tertulis
|
-
Soal objektif
|
Keterampilan
|
-
Portofolio
-
Performa
Presentasi
|
-
Laporan
portofolio hasil observasi
-
Rubrik penilaian
|
Penilaian Pengetahuan
Soal
1. Jelaskan pengertian dari flowchart (diagram alur)
2. Jelaskan kegunaan flowchart dan pedoman dalam membuat flowchart
3. Jelaskan tiga struktur flowchart
4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan program flowchart dan berikan contohnya