-->
KONSEP KOMUNIKASI DALAM JARINGAN (THE CONCEPT OF NETWORK COMMUNICATION)
KONSEP KOMUNIKASI DALAM JARINGAN 
(THE CONCEPT OF NETWORK COMMUNICATION)

Ada Pertanyaan yang mendasar sebelum masuk kemateri inti yaitu pertanyaan yang sangat mudah sekali untuk dijawab.....
                             
Apakah Kita Semua Butuh Jaringan Internet (ONLINE)????

Mayoritas semua kita, jika ditanya mengenai hal ini pastilah jawaban kita adalah "BUTUH". Kenapa?.. 
yah karena internet merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari...
"Kok Bisa"?
Hampir setiap hari kita menggunakan internet sebagai penunjang dalam melaksanakan tugas kita setiap harinya. sebagai contoh, guru menggunakan jaringan internet sebagai media pembelajaran, siswa menggunakan jaringan internet untuk mencari sumber belajar yang relevan, dan banyak kegiatan-kegiatan yang lain yang membutuhkan internet untuk operasionalnya. 

Sudah taukan kita apakah itu jaringan (Network)????
Anak-anak zaman "Now" tidak asing lagi dengan istilah ini...... bisa di katakan bahwa jaringan itu sering mereka ucapkan sehari-hari.... contoh sederhananya "jaringan kamu kok jelek sih,,,, pasti kartu kamu si****).
Namun disini, sedikit yang akan dijelaskan mengenai jaringan agar kita tidak hanya mengucapkan saja tapi memahami dan mengerti apa itu jaringan. Oke kita lanjutkan,

Jaringan adalah koneksi antara dua buah komputer (device) atau lebih yang terhubung secara logik maupun fisik sehingga dapat saling berkomunikasi dan bertukar data. Jadi kalau hanya satu device maka belum disebut jaringan... 

ada 2 kata kunci yang harus dipahami pada pengertian tadi yaitu Fisik dan Logik.. mari kita lihat apa perbedaannya...
agar lebih mudah kita analogikan begini.....
Jika ada 2 orang yang melakukan komunikasi via telp/hp maka agar kedua orang ini bisa saling ngobrol maka dibutuhkan:
1. Insfrastruktur jaringan (xl,telkom dll)
2. Nomer Telp/hp.

nah singkat cerita, yang berfungsi sebagai fisik adalah infrastruktur jaringannya yang digunakan utuk berkomunikasi (HP, Provider, Kabel, BTS, Sinyal, dan lain-lain), sedangkan yang logik adalah No Hp/telp.

Kemudian biasanya jaringan itu identik disebut dengan jaringan internet. nah tentu kita menemui istilah lain lagi yaitu "Intenet"  apa itu internet.......?

Internet adalah kumpulan jaringan yang saling terhubung di seluruh dunia (singkatnya internetwork atau Internet), bekerja sama satu sama lain untuk bertukar informasi menggunakan standar umum. Melalui kabel telepon, kabel serat optik, transmisi nirkabel, dan tautan satelit, pengguna Internet dapat bertukar informasi dalam berbagai bentuk,

Sources : (http://bit.ly/2XXeA2e)

Dengan adanya Jaringa Internet apakah pekerjaan dan aktivitas kita menjadi mudah dan efektif...?

Jawabannya adalah benar sekali kenap???
Pada zaman dahulu orang berkomunikasi dari jarak jauh sudah sesuatu hal yang mustahil sepeti orang di Indonesia lalu bisa berkomunikasi langsung dengan orang di Amerika. Mungkin pada zaman dulu, bisa melalui media surat menyurat sebagai solusinya dengan prosesnya sampai ke tujuannya beberapa hari bahkan beberapa minggu, sangat tidak efektif.

Tapi bagaimana dengan sekarang?
Lebih canggih lagi bisa menelpon, SMS, dan bahkan Video Call yang dapat melihat dan bertatapan langsung dengan orang yang dituju, walaupun jarak sangat jauh antar Negara, dapat dilakukan dengan waktu yang lebih cepat dan sangat efektif, hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja. Very very efektif bukan?

Contoh lainnya yaitu
Dengan adanya jaringan internet, orang tidak perlu lagi mengantarkan surat dengan manual ke si penerima, tidak perlu pergi jauh-jauh hanya untuk mengantarkan selembaran surat, cukup hanya dengan scan dan kirim lewat E-mail, Whats app, dan sosial media lainnya.

Selain menghemat waktu jaringan internet juga dapat menghemat biaya yang fantastik.... oke bukan?



LihatTutupKomentar

Renponsif 2