-->
Jaringan Local (Local Network)
Assalamualukum Warahmatullahi Wabarakatu

        Melanjutkan Materi sebelumnya mengenai konsep komunikasi dalam jaringan, tibalah saatnya kita melanjutkan kembali dengan materi berikutnya yaitu mengenai Jaringan lokal. Jaringan lokal tersedia dalam berbagai ukuran. Mulai dari jaringan sederhana yang terdiri dari dua komputer (peer to peer)Small home NetworkSmall Office/Home Office Network (SOHO Network)Medium to Large Network, 

Sumber : Document Pribadi

      Agar pemahaman kita lebih bagus maka akan dijelaskan jaringan lokal tersebut mulai dari yang paling kecil terlebih dahulu yaitu:
  1. Peer to Peer adalah jaringan yang hanya terdiri dari dua Komputer yang saling terhubung,  dimana setiap station atau komputer yang terdapat di dalam lingkungan jaringan tersebut bisa saling berbagi. Bahkan untuk membuat jaringan peer-to-peer dengan dua komputer, kita tidak perlu menggunakan perangkat tambahan hub atau switch, namun cukup menggunakan 1 kabel UTP yang dipasangkan pada kartu jaringan masing-masing komputer. Pada dasarnya jaringan peer to peer bisa berfungsi sebagai server dan terkadang juga bisa berfungsi sebagai server.
  2. Small Home Network adalah kondisi dimana jika dirumah atau disatu ruangan ada beberapa komputer yang dapat terhubung ke internet.
  3. Small Office / Home Office (SOHO) memungkinkan computer didalam kantor atau sebuah perusahaan besar yang saling terhubung dan terkoneksi. jaringan ini lumayan besar terdiri dari beberapa computer dan juga biasanya ada printer, scanner dan lain lain untuk kebutuhan kerja, dijaringan ini kita dapat remote ke jaringan kantor kita berada, jadi kita dapat bekerja dirumah maupun dikantor sama saja. kejaringan internet dapat saling berbagi resource (sumber daya) di lingkup kantor tersebut.
  4. Medium to Large Network seperti yang digunakan perusahaan besar, univesitas ataupun sekolah, dapat memiliki banyak lokasi dengan ratusan bahkan ribuan computer yang saling berhubungan. Medium to Large Network ini dimana ada berbagai cabang dari suatu perusahaan yang saling terhubung secara local atau jaringannya tidak masuk ke internet tetapi masih tetap terhubung percabangnya, misalnya universitas, diuniversitas itu kan banyak fakultas nah setiap fakultas itu pasti berbeda Gedung jadi di setiap Gedung itu dapat saling terhubung tanpa melalui internet.

      Manfaat Jaringan Internet

  1. Resource Sharing (dapat menggunakan sumber daya secara bersama-sama. Misalnya seseorang yang berada di 100 KM jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulutan dalam mendapatkan dan menggunakann data tersebut dan seolah-olah data tersebut berada di dekatnya. contoh lain pada sebuah perusahaan yang memiliki gedung dengan banyak lantai, kisal di perusahaan tersebut hanya mempunyai 1 printer yangg terletak dilantai 2, dan tentunya berada jauh dari karyawan yang berada dilantai lainnya, ketika seorang karyawan ingin memprint data yang berada dilantai 4 tentu akan jauh berjalan menuju printer, nahh disini kita manfaatkan yang namanyaa jaringan, dengan jaringan kita tidak perlu jauh jauh ke laantai yangg ada printernya cukup duduk manis di kursu kerja dan koneksi kan laptop kita dengan si printer lalu tinggal print dehhh,selesai...sangat bermanfaat ya,hehe
  2. Reliabilitas tinggi (dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya semua file dapat disimpan atau di copy ke dua, ketiga , atau lebih komputer yang terkoneksi ke jaringan. Sehingga bila satu mesin rusak maka salinan di mesin lain bisa digunakan.).
  3. Menghemat uang dan waktu maksudnya disini apa dan gimana? ok saya jelaskan, jadi begini kita ambil contoh seperti yang diatas, Misal saat ada keperluan mengirim dokumen, sedangkan si pengirim berada bejauhan dengan si penerima, tentu agar dokument sampai ke si penerima (receiver) dokument mesti diantarkan, ya iya diantarkan lah masak disimpan aja wkwkwk, nah dalam proses pengantaran dokumen tersebut pasti membutuhkan transportasi agar sampai ke tujuan maka akan mengeluarkan uang yang banyak dalam perjalanan, seperti uang ongkos, makan dan keperluan lainnya, Nah dengan adanya jaringan internet saat ini kita tidak perlu bersusah payah menghantarkan dokumen tersebut ke si penerima, kita bisa online dan mengirimkannya melalui jaringan internet tersebut, dengan aplikasi sosial media seperti E-mail, Telegram, dan masih banyak lagi, tidak sampai berjam jam paket akan sampai ke si penerima walaupun jarak jauh hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja).
  4. Sebagai alternative belajar (dengan adanya jaringan internet kita dapat mengakses materi-materi pembelajaran di internet yang mudah dijangkau ).
  5. Sebagai media komunikasi (internet dapat membuat yang jauh menjadi terasa lebih dekat, contohnya saja kita dapat telponan, SMS san dan dapat berinteraksi secara langsung dan dapat melihat orang yang jauh dari kita, melalui fitur video call, sangat bermanfaat jaringan internet buat kehidupan sehari-hari kita, apalagi pada di zaman milenial ini , selain itu kita ambil contoh yang lebih jelas saja, seperti kita sekarang sedang melakukan komunikasi walaupun kita saling berada berjauhan, jarak yang memisahkan diantara kita, tapi jaringan internet yang menyatukan, sehingga kita dapat berinteraksi.
  6. Bisa bermain game online (pada saat sekarang banyak diantara kita yang suka bermain game online, game online ini membutuhkan jaringan yang handal agar saat bermain tidak terganngu, contoh PUBG, Mobile Legend, Free Fire, dll. Yang Gamers pasti tau dong game ini, heheheh).

Jaringan Berdasarkan Cakupan Area

    Perhatikan gambar berikut ini:

Sumber : cisco.netacad.com

Personal Area Network (PAN) 

Adalah jaringan yang cakupannya janya beberapa meter saja, contoh jaringan ini yang biasa kita gunakan adalah bloototh. 


Local Area Network (LAN) 

Adalah jaringan komputer yang mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah dan sekolah. 


Metropolitan Area Network (MAN) 

Adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jangkauan dari MAN ini berkisar antara 10 hingga 50 km. 


Wide Area Network (WAN) 

WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. 


Internet

Jaringan yang telah mendunia yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi antar Negara dan bahkan benua.


     Cukup Sekian dan jika ada yang ingin ditanyakan silahkan untuk menuliskan dikolom komentar pada blog ini...



LihatTutupKomentar

Renponsif 2