RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Negeri 1 Pekanbaru
Mata Pelajaran : Sistem Komputer
Kelas / Semester : XI / 1
Materi Pokok : Sistem Input – Proses - Output
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (4 x Pertemuan)
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan \ lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak
secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.2. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keeradaan komputer dan menggunakannya sebagai sarana
pembelajaran.
2.1. Menujukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif dan santun dalam menggunakan komputer
untuk menyelesaikan permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.1. Memahami Sistem Input – Proses –Output
Indikator :
Pertemuan Ke-1 :
1. Menjelaskan kontrak pembelajaran
2. Mampu Menjelaskan dan memahami sistem Komputer secara umum
3. Mampu Menjelaskan pengertian strukutur dan fungsi
Pertemuan Ke-2 :
1. Mampu Menjelaskan strukutr komputer Von Newmann dan komputer masa kini
2. Mampu Menjelaskan perbedaan masing-masing struktur komputer
3. Mampu Memahami cara kerja dari masing-masing sistem komputer
Pertemuan Ke-3 :
1. Mampu Menjelaskan fungsi komputer
2. Mampu Menjelaskan teknik I/O dan struktur keluaran
Pertemuan Ke-4 :
1. Mampu Menjelaskan perangkat pemroses
2. Mampu Menjelaskan Modul Input Output (I/O) terprogram ( PPI )
4.5 Merencanakan dan membuat perangkat I/O dengan mengunakan I/O terprogram
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran siswa dapat:
Pertemuan Ke-1 :
1. Memahami kontrak pembelajaran
2. Memahami dan memahami sistem Komputer secara umum
3. Memahami pengertian strukutur dan fungsi
Pertemuan Ke-2 :
1. Memahami strukutr komputer Von Newmann dan komputer masa kini
2. Memahami perbedaan masing-masing struktur komputer
3. Memahami cara kerja dari masing-masing sistem komputer
Pertemuan Ke-3 :
1. Memahami fungsi komputer
2. Memahami teknik I/O dan struktur keluaran
Pertemuan Ke-4 :
1. Memahami perangkat pemroses
2. Memahami Modul Input Output (I/O) terprogram ( PPI )
D. Materi Pembelajaran
1. Skema dasar komputer
2. Sistem,fungsi dan struktur masukan
3. Teknik Input - Output
4. Perangkat pemproses
5. Sistem,fungsi dan struktur keluaran
6. Modul I/O terprogram
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Problem solving learning
F. Alat/Sumber/ Media Pembelajaran :
Alat : LCD, laptop
Sumber Pembelajaran : Modul Organisasi dan arsitektur computer (internet)
Media Pembelajaran : Presentasi, Video
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya.
2.
Siswa
menerima informasi keterkaitan antara pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.
Siswa
menerima informasi kompentensi, materi pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.
Guru
mengarahkan siswa agar pembelajaran dapat mengembangkan sikap santun, jujur,
tanggung jawab, cinta damai melalui kegiatan belajar teks anekdot.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Pertemuan 1
|
Mengamati
Tayangan system input – proses - output
Menanya
Mendiskusikan sistem
Komputer secara umum serta
strukutur dan fungsi
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi sistem Komputer
secara umum serta strukutur dan fungsi
Mengasosiasi
Menyimpulkan kerja sistem
Komputer secara umum serta strukutur dan fungsi
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang kerja
sistem Komputer secara umum serta strukutur dan fungsi
|
60 menit
|
Kegiatan Inti
Pertemuan 2
|
Mengamati
Tayangan sistem komputer sekarang
Menanya
Mendiskusikan perbedaaan
sistem komputer mesin von newmann dengan komputer saat ini
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi cara kerja
sistem komputer
Mengasosiasi
Menyimpulkan cara kerja
sistem komputer
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang
cara kerja sistem komputer
|
60 menit
|
Kegiatan Inti Pertemuan 3
|
Mengamati
Tayangan fungsi komputer, teknik I/O dan
struktur keluaran
Menanya
Mendiskusikan fungsi
komputer , teknik I/O dan struktur keluaran
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi fungsi
komputer , teknik I/O dan struktur keluaran
Mengasosiasi
Menyimpulkan fungsi komputer
, teknik I/O dan struktur keluaran
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang fungsi komputer, teknik I/O dan struktur
keluaran
|
60 menit
|
Kegiatan Inti Pertemuan 4
|
Mengamati
Tayangan perangkat pemroses, modul I/O terprogram
(PPI)
Menanya
Mendiskusikan perangkat
pemroses, modul I/O terprogram (PPI)
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi perangkat
pemroses, modul I/O terprogram (PPI)
Mengasosiasi
Menyimpulkan perangkat
pemroses, modul I/O terprogram (PPI)
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang perangkat pemroses, modul I/O terprogram (PPI)
|
60 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Siswa
bersama guru menyimpulkan
2.
pembelajaran
3.
Siswa
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
4.
Siswa
dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
|
15 menit
|
Instrumen KD 3.1 dan 4.1
Pertemuan ke- 1,2,3,4:
SOAL
EVALUASI
Mata
Pelajaran : Sistem Komputer
Kelas/Semester : XI/2
Materi Pokok : Sistem Input – Proses - Output
Petunjuk :
- Berdoalah sebelum dan sesudah melaksanakan
evaluasi berikut!
- Kerjakan perintah di bawah ini dengan
sungguh-sungguh!
Soal
Pengetahuan
1. Gambarkan skema system komputer
2. Sebutkan 3 saluran antar muka modul I/O ke CPU
melalui Bus
3. Sebutkan 3 teknik dalam operasi I/O
4. Jelaskan klasifikasi perintah I/O