-->
RPP SISKOM KD 3.2
RENCANA    PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN
Sekolah   :  SMK Negeri 1 Pekanbaru
Mata Pelajaran  :  Sistem Komputer
Kelas / Semester   :  XI / 1
Materi Pokok :  Sistem Input – Proses - Output
Alokasi Waktu  :  2 x 45 menit (4 x Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KI 1:    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2:    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
            royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
            sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
            dengan \ lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
            dalam  pergaulan dunia
KI 3:    Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
            prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan,
            teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan,        
            kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
            pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
            untuk memecahkan masalah
KI 4:   Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
           dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak
           secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.2. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keeradaan  komputer dan menggunakannya sebagai sarana
       pembelajaran.
2.1. Menujukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif dan santun dalam menggunakan komputer
       untuk menyelesaikan  permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.2  Memahami  Perangkat  Eksternal/Peripheral

Indikator :
Pertemuan Ke-1 :
1. Mampu menjelaskan pengertian perangkat eksternal
2. Mampu menjelaskan pengertian peripheral Input dan peripheral Output
3. Mampu menjelaskan peralatan input biometrik, contoh alat dan cara kerjanya
4. Mampu menjelaskan pengertian gabungan peripheral Input dan Output
5. Mampu menjelaskan pengertian peripheral storage

Pertemuan Ke-2 :
1. Mampu mengelompokan peralatan I/O, peralatan gabungan I/O dan media penyimpanan

Pertemuan Ke-3 :
1. Mampu menjelaskan cara kerja I/O dan peralatan gabungan I/O dan media penyimpanan dan cara kerja peralatan input biometric

Pertemuan Ke-4 :
1.  Mampu menginstall driver sesuai dengan perangkat eksternal
4.5 Merangkai perangkat eksternal dengan console unit

C. Materi Pembelajaran
1. Peripheral Input (keyboard, mouse, touchscreen,barcode reader, image scanner, webcam)
2. Peripheral Output (monitor, LCD, printer, plotter)
3. Peripheral Storage (external hard drive, flash drive, disk drive, CD/DVD ROM drive)
4. Peripheral Input/Output (modem, NIC)

D. Metode Pembelajaran
Pendekatan         : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Problem solving learning

E. Alat/Sumber/ Media Pembelajaran :
Alat                 : LCD, laptop
Sumber Pembelajaran : Modul Organisasi dan arsitektur computer (internet)
Media Pembelajaran : Presentasi, Video

F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.    Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
2.     Siswa menerima informasi keterkaitan antara pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.     Siswa menerima informasi kompentensi, materi pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.    Guru mengarahkan siswa agar pembelajaran dapat mengembangkan sikap santun, jujur, tanggung jawab, cinta damai melalui kegiatan belajar teks anekdot.






15  menit
Kegiatan Inti
Pertemuan 1
Mengamati
Tayangan Peripheral Input/Output
Menanya
Mendiskusikan Peripheral Input/Output
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi Peripheral Input/Output
Mengasosiasin
Menyimpulkan Peripheral Input/Output
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang Peripheral Input/Output







 60 menit
Kegiatan Inti
Pertemuan 2
Mengamati
Tayangan pengelompokan peralatan I/O, peralatan gabungan I/O dan media penyimpanan
Menanya
Mendiskusikan pengelompokan peralatan I/O, peralatan gabungan I/O dan media penyimpanan
komputer saat ini
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi pengelompokan peralatan I/O, peralatan gabungan I/O dan media penyimpanan
Mengasosiasi
Menyimpulkan pengelompokan peralatan I/O, peralatan gabungan I/O dan media penyimpanan
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang pengelompokan peralatan I/O, peralatan gabungan I/O dan media penyimpanan







 60 menit
Kegiatan Inti Pertemuan 3
Mengamati
Tayangan cara kerja I/O dan peralatan gabungan I/O dan media penyimpanan dan cara kerja peralatan input biometric
Menanya
Mendiskusikan cara kerja I/O dan peralatan gabungan I/O dan media penyimpanan dan cara kerja peralatan input biometric
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi cara kerja I/O dan peralatan gabungan I/O dan media penyimpanan dan cara kerja peralatan input biometric
Mengasosiasi
Menyimpulkan cara kerja I/O dan peralatan gabungan I/O dan media penyimpanan dan cara kerja peralatan input biometric
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang cara kerja I/O dan peralatan gabungan I/O dan media penyimpanan dan cara kerja peralatan input biometric
60 menit
Kegiatan Inti Pertemuan 4
Mengamati
Tayangan langkah-langkah menginstall driver sesuai dengan perangkat eksternal
Menanya
Mendiskusikan menginstall driver sesuai dengan perangkat eksternal
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi menginstall driver sesuai dengan perangkat eksternal
Mengasosiasi
Menyimpulkan cara menginstall driver sesuai dengan perangkat eksternal
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang cara menginstall driver sesuai dengan perangkat eksternal
60 menit
Kegiatan Penutup
1.   Siswa bersama guru menyimpulkan  pembelajaran
3.   Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
4.      Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

15 menit
Instrumen KD 3.2 dan 4.2
Pertemuan ke- 5,6,7,8:
SOAL EVALUASI

Mata Pelajaran : Sistem Komputer
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok : Perangkat  Eksternal/Peripheral

Petunjuk : 
1. Berdoalah sebelum dan sesudah melaksanakan evaluasi berikut!
2. Kerjakan perintah di bawah ini dengan sungguh-sungguh!

Soal Pengetahuan
1. Kelompokkan peralatan input
2. Kelompokkan peralatan output
3. Kelompokkan peralatan Input dan output
4. Jelaskan pengertian Biometric device dan contohnya 
5. Jelaskan fungsi plotter dan printer



LihatTutupKomentar

Renponsif 2