RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Negeri 1 Pekanbaru
Mata Pelajaran : Sistem Komputer
Kelas / Semester : XI / 1
Materi Pokok : Sistem Input – Proses - Output
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (4 x Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan \ lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak
secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.2. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keeradaan komputer dan menggunakannya sebagai sarana
pembelajaran.
2.1. Menujukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif dan santun dalam menggunakan komputer
untuk menyelesaikan permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.2 Memahami Perangkat Eksternal/Peripheral
Indikator :
Pertemuan Ke-1 :
1. Mampu menjelaskan pengertian perangkat eksternal
2. Mampu menjelaskan pengertian peripheral Input dan peripheral Output
3. Mampu menjelaskan peralatan input biometrik, contoh alat dan cara kerjanya
4. Mampu menjelaskan pengertian gabungan peripheral Input dan Output
5. Mampu menjelaskan pengertian peripheral storage
Pertemuan Ke-2 :
1. Mampu mengelompokan peralatan I/O, peralatan gabungan I/O dan media penyimpanan
Pertemuan Ke-3 :
1. Mampu menjelaskan cara kerja I/O dan peralatan gabungan I/O dan media penyimpanan dan cara kerja peralatan input biometric
Pertemuan Ke-4 :
1. Mampu menginstall driver sesuai dengan perangkat eksternal
4.5 Merangkai perangkat eksternal dengan console unit
C. Materi Pembelajaran
1. Peripheral Input (keyboard, mouse, touchscreen,barcode reader, image scanner, webcam)
2. Peripheral Output (monitor, LCD, printer, plotter)
3. Peripheral Storage (external hard drive, flash drive, disk drive, CD/DVD ROM drive)
4. Peripheral Input/Output (modem, NIC)
D. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Problem solving learning
E. Alat/Sumber/ Media Pembelajaran :
Alat : LCD, laptop
Sumber Pembelajaran : Modul Organisasi dan arsitektur computer (internet)
Media Pembelajaran : Presentasi, Video
F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya.
2. Siswa
menerima informasi keterkaitan antara pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
3. Siswa
menerima informasi kompentensi, materi pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru
mengarahkan siswa agar pembelajaran dapat mengembangkan sikap santun, jujur,
tanggung jawab, cinta damai melalui kegiatan belajar teks anekdot.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Pertemuan 1
|
Mengamati
Tayangan Peripheral Input/Output
Menanya
Mendiskusikan Peripheral
Input/Output
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi Peripheral
Input/Output
Mengasosiasin
Menyimpulkan Peripheral
Input/Output
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang Peripheral
Input/Output
|
60 menit
|
Kegiatan Inti
Pertemuan 2
|
Mengamati
Tayangan pengelompokan peralatan I/O, peralatan gabungan I/O dan media
penyimpanan
Menanya
Mendiskusikan pengelompokan
peralatan I/O, peralatan gabungan I/O dan media penyimpanan
komputer saat ini
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi pengelompokan
peralatan I/O, peralatan gabungan I/O dan media penyimpanan
Mengasosiasi
Menyimpulkan pengelompokan
peralatan I/O, peralatan gabungan I/O dan media penyimpanan
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang
pengelompokan peralatan I/O, peralatan gabungan I/O dan media penyimpanan
|
60 menit
|
Kegiatan Inti Pertemuan 3
|
Mengamati
Tayangan cara
kerja I/O dan peralatan gabungan I/O dan media penyimpanan dan cara kerja
peralatan input biometric
Menanya
Mendiskusikan cara kerja I/O dan peralatan gabungan I/O
dan media penyimpanan dan cara kerja peralatan input biometric
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi cara kerja I/O dan peralatan gabungan I/O dan media penyimpanan dan
cara kerja peralatan input biometric
Mengasosiasi
Menyimpulkan cara kerja I/O dan peralatan gabungan I/O
dan media penyimpanan dan cara kerja peralatan input biometric
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang cara
kerja I/O dan peralatan gabungan I/O dan media penyimpanan dan cara kerja
peralatan input biometric
|
60 menit
|
Kegiatan Inti Pertemuan 4
|
Mengamati
Tayangan langkah-langkah menginstall driver
sesuai dengan perangkat eksternal
Menanya
Mendiskusikan menginstall
driver sesuai dengan perangkat eksternal
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi menginstall
driver sesuai dengan perangkat eksternal
Mengasosiasi
Menyimpulkan cara menginstall
driver sesuai dengan perangkat eksternal
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang cara menginstall driver sesuai dengan perangkat
eksternal
|
60 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1. Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajaran
3. Siswa
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
4.
Siswa
dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
|
15 menit
|
Instrumen KD 3.2 dan 4.2
Pertemuan ke- 5,6,7,8:
SOAL EVALUASI
Mata Pelajaran : Sistem Komputer
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok : Perangkat Eksternal/Peripheral
Petunjuk :
1. Berdoalah sebelum dan sesudah melaksanakan evaluasi berikut!
2. Kerjakan perintah di bawah ini dengan sungguh-sungguh!
Soal Pengetahuan
1. Kelompokkan peralatan input
2. Kelompokkan peralatan output
3. Kelompokkan peralatan Input dan output
4. Jelaskan pengertian Biometric device dan contohnya
5. Jelaskan fungsi plotter dan printer