-->
Rangkaian Kegiatan Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG)
   
Pendidikan Profesi Guru (PPG)



  Sebelum dimulai segala sesuatunya alangkah baiknya kita perbaharui rasa syukur kita kehadirat ALLAH Subhanahu Wata'ala dengan mengucapkan Alhamdulillah. Mudah-mudahan kita semua termasuk kedalam golongan orang yang pandai bersyukur. Kemudian Shalawat berserta salam tidak bosan-bosannya kita curahkan kepada nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, Mudah-mudahan kita termasuk dari hamba-hamba yang mendapat syafaat dari beliau. Amiin.

    Hari ini, Saya akan berbagi kisah dan pengalaman terkait pelaksanaan pendidikan profesi guru atau disingkat (PPG) yang pernah saya ikuti. Pada waktu itu sangat sulit untuk menjadi peserta PPG. Banyak tahapan yang harus dilalui. mulai dari mengikuti Pretest, Pemanggilan peserta, sampai kepada penempatan peserta ke LPTK yang dituju. Alhamdulillah saya ikut Pretes Satu kali dan dinyatakan lulus. Betapa senangnya hati pada saat itu. Iy donk..... secara bisa menambah income kan.. 😇😇😇.

     Setelah dinyatakan lulus pretes pada tahun 2017 itu mesti menunggu kembali untuk ditempatkan di LPTK tujuan. Pada akhirnya tibalah masanya saya dapat LPTK di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Jauh Sangat.... Tetapi saya tidak sendiri.. ada sekitar 30 orang yang di Provinsi Riau yang akan melaksanakan PPG di UNS. Lega ternyata banyak teman. Pada waktu itu saya dan teman-teman yang lain melaksanakan Program PPG selama 6 bulan.. Wow oo .. yang dibagi menjadi 2 kegiatan, 3 bulan pembelajaran Daring dan 3 bulan Luring (Tatap Muka).

    Pada saat pelaksanaan Daring sungguh banyak sekali tugas-tugas yang diberikan oleh dosen, Tugas dan soal-soal yang diberikan terpusat melalui web  https://spada.ristekdikti.go.id/ seluruh mahasiswa disediakan kelas-kelas online. satu kelas ada 30 peserta yang berasal dari guru seluruh indonesia dan dibimbing oleh dosen-dosen yang berpengalaman tentunya. Tugasnya Banyak,.. satu rumpun Teknik Komputer dan Informatika di pelajari. Teknik Komputer dan Jaringan ,Rekayasa Perangkat Lunak, dan Multimedia termasuk kedalam tugas Profesional sedangkan yang berhubungan dengan cara mengajar dan lain-lain itu termasuk kedalam tugas Pedagogik. Namun semua itu dilalui dengan sukses dan penuh semangat dan akhirnya dapat dilanjutkan dengan tatap muka di UNS.

    Saya tidak ingin memberitahukan tugas seperti apa karena itu berat. Biar saya dan kawan-kawan waktu PPG 2018 saja yang merasakannya... 😮😮😮 xixixixi.  Saya anggap tugas selama daring sudah selesai jika kawan-kawan ingin tugas yang saya buat silahkan klik tautan dibawah ini 

semua tugas selama PPG  Tugas Selama PPG.

     Selanjutnya apa saja sih kegiatan selama di LPTK UNS?????....
  1. Lapor diri pada hari pertama sampai di LPTK dengan membawa cetak bukti lapor diri di web yang telah disediakan (sergur.id).
  2. Orientasi pada hari ke dua dilaksanakan pada kampus utama dikentingan.
  3. Melaksanakan perkuliahan di kampus dua FPTK UNS di pabelan.
     Pada saat perkuliahan kami bersama satu kelas untuk berdiskusi dan saling berbagi pengalaman belajar selama 1 bulan ditambah dengan latihan soal-soal untuk menghadapai Ujian Pengetahuan diakhir pelaksanaan PPG.. Bulan berikutnya adalah kami membuat perangkat pembelajaran disertai dengan peer teaching bersama tim penilai dari utusan guru pamong yang di datangkan dari sekolah-sekolah mitra selama 3 kali pertemuan. Kemudian melaksanakan peer teaching yang dinilai oleh dosen juga. Nah yang menarik dan paling di tunggu-tunggu adalah setiap hari sabtu dan minggu kami bersama-sama kawan mengelilingi wisata yang ada di solo dan sekitarnya.... 😆😆 Asyik bukan.....

    Selama kegiatan di LPTK ada beberapa poin penilaian dan ujian yang harus kami lewati sebagai peserta. Penilian yang dimaksud adalah..:
  1. Tugas Mandiri
  2. Melaksanakan Peer Teaching bersama Guru Pamong penilai 3 x
  3. Melaksanakan Peer Teaching bersama Dosen penilai 3 x
  4. Melaksanakan PPL disekolah asal dan sekolah mitra dan membuat laporannya.
  5. Melaksanakan Uji Kinerja disekolah mitra (Waktu itu saya dapat di SMK N 1 Sukoharjo) untuk sekali pertemuan dengan durasi mengajar 2 JP dan dinilai langsung oleh dosen jurusan lain dan guru disekolah yang bersangkutan.
  6. Mempersiapkan Perangkat pembelajaran yang akan digunakan dalam uji kinerja.
  7. Terakhir adalah Ujian Pengetahuan (UP) dengan menggunakan CAT. ini merupakan tolak ukur lulus atau tidaknya peserta PPG,.... Seremm 😎😎😎😎

    Untuk Laporan pelaksanaan Magang/PPL disekolah mitra silahkan untuk silahkan kunjungi link ini : 👉👉👉👉Contoh laporan PPL Sekolah Mitra👈👈👈👈👈

Semua rangkaian kegiatan PPG sudah kami lalui dengan baik dan sudah dinyatakan lulus... dan Alhamdulillah sudah dapat menikmati manisnya hasil dari perjuangan mengikuti seluruh proses pelaksanaan PPG ini.

    Bagi rekan-rekan guru yang sedang dan dalam melaksanakan PPG pada tahun ini tetap semangat dan tetap menjaga kesehatan yang paling penting, Semua proses laluilah dengan memperbanyak Doa dan senyuman. Di LPTK masing-masing pasti banyak tempat wisata yang sudah menanti,.... heheheh

Demikian Tulisan singkat ini mudah-mudahan dapat memberikan gambaran kepada kawan-kawan yang sedengan melaksanakan PPG.

Salam



portalbelajar





    

    

LihatTutupKomentar

Renponsif 2