RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Negeri 1 Pekanbaru
Mata Pelajaran : Sistem Komputer
Kelas / Semester : XI / 2
Materi Pokok : Organisasi Prosesor, Register, dan Siklus Instruksi
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (4 x Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keeradaan komputer dan menggunakannya sebagai
sarana pembelajaran.
2.1 Menujukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif dan santun dalam menggunakan
komputer untuk menyelesaikan permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.5. Memahami organisasi prosesor, register, dan siklus instruksi (fetching, decoding,
executing).
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Indikator :
Pertemuan Ke-1 :
1. Menjelaskan kontrak pembelajaran
2. Mampu Menjelaskan dan memahami Integreted Circuit (IC)
3. Mampu Menjelaskan Organisasi Prosesor
Pertemuan Ke-2 :
1. Mampu Menjelaskan dan memahami Register
2. Mampu Menjelaskan dan memahami siklus intruksi
Pertemuan Ke-3 :
1. Mampu Menjelaskan dan memahami decoder dan encoder
2. Mampu Menjelaskan dan memahami multiplexer dan shift register
Pertemuan Ke-4 :
1. Mampu Menjelaskan dan memahami fetching, decoding, executing
2. Mampu Menjelaskan perbedaan dari fetching, decoding, executing
4.5 Menggunakan organisasi prosesor, register dan siklus instruksi (fetching, decoding,
executing) untuk memecahkan masalah.
C. Materi Pembelajaran
Organisasi Prosesor, Register, dan Siklus Instruksi
•Fetching
•Decoding
•Executing
D. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Problem solving learning
E. Alat/Sumber/ Media Pembelajaran :
Alat : LCD, laptop
Sumber Pembelajaran : Modul Organisasi dan arsitektur computer (internet)
Media Pembelajaran : Presentasi, Video
F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya.
2. Siswa
menerima informasi keterkaitan antara pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3. Siswa
menerima informasi kompentensi, materi pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru
mengarahkan siswa agar pembelajaran dapat mengembangkan sikap santun, jujur,
tanggung jawab, cinta damai melalui kegiatan belajar teks anekdot.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Pertemuan 1
|
Mengamati
Tayangan teknologi Integreted Circuit dan organisasi prosesor terbaru.
Menanya
Mendiskusikan penerapan Integreted Circuit dan organisasi prosesor
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi Integreted Circuit dan organisasi prosesor
Mengasosiasi
Menyimpulkan kerja Integreted Circuit dan organisasi prosesor
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang kerja
|
60 menit
|
Kegiatan Inti
Pertemuan 2
|
Mengamati
Tayangan Kemampuan komputer modern
Menanya
Mendiskusikan tentang fungsi register dan siklus intruksi
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi cara kerja register dan siklus intruksi
Mengasosiasi
Menyimpulkan cara kerja register dan siklus intruksi
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang
cara kerja register dan siklus intruksi
|
60 menit
|
Kegiatan Inti Pertemuan 3
|
Mengamati
Tayangan bagaimana proses terjadinya decoder dan encoder serta multiplexer dan shift register
Menanya
Mendiskusikan fungsi
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi fungsi decoder dan encoder serta multiplexer dan shift register
Mengasosiasi
Menyimpulkan fungsi decoder dan encoder serta multiplexer dan shift register
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang fungsi decoder dan encoder serta multiplexer dan shift register
|
60 menit
|
Kegiatan Inti Pertemuan 4
|
Mengamati
Tayangan bagaiman terjadinya proses fetching, decoding, executing
Menanya
Mendiskusikan perbedaan
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi proses fetching, decoding, executing
Mengasosiasi
Menyimpulkan proses dan perbedaan fetching, decoding, executing
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang proses dan perbedaan fetching, decoding, executing
|
60 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Siswa
bersama guru menyimpulkan
pembelajaran
3. Siswa
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
4. Siswa
dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
|
15 menit
|
Penilaian
a. Jenis Penilaian
- Non tes : Penilaian sikap religi (KD 1.2), sikap sosial (KD 2.1)
- Tes : Uraian terstruktur (KD 3.5) dan tes perbuatan (KD 4.5)
b.Bentuk Instrumen Penilaian
- Non Tes
1.
Penilaian
pengamatan sikap mensyukuri anugerah Tuhan (KD 1.2)
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
Penilaian
pengamatan Perilaku tanggung
jawab, peuli, respnsif, santun (KD 2.1)
No
|
Nama Siswa
|
Aspek penilaian
|
Jumlah Skor
|
|||
Tanggung Jawab
|
Peduli
|
Responsif
|
Kesantunan
|
|||
Instrumen KD 3.5 dan 4.5
Penilaian Pengetahuan
1. Jelaskan Fungsi CPU (Skor 10)
2. Gambarkan diagram Siklus Interuksi Dasar (Skor 15)
3. Jelaskan bagaimana proses Siklus Fetch - Eksekusi terjadi dalam CPU (Skor 15)4. Gambarkan diagram detail siklus operasi (Skor 15)
5. Gambarkan Siklus eksekusi instruksi dengan interrupt (Skor 15)
6. Jelaskan Perbedaan Mendasar antara decoder dan encoder (Skor 15)
7. Jelaskan Jenis-jenis register (Skor 15)