-->
SISTEM KOMPUTER KD 3.5 Semester 2
RENCANA    PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN


Sekolah : SMK Negeri 1 Pekanbaru
Mata Pelajaran : Sistem Komputer
Kelas / Semester     : XI / 2
Materi Pokok          : Organisasi Prosesor, Register, dan Siklus Instruksi
Alokasi Waktu        : 2 x 45 menit (4 x Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong 
         royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan 
         sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara 
         efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai 
         cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, 
          konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu 
          pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  
          kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta 
          menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan 
          bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak 
         terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta 
         bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah 
         keilmuan
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keeradaan  komputer dan menggunakannya sebagai 
       sarana pembelajaran.
2.1 Menujukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif dan santun dalam menggunakan 
       komputer untuk  menyelesaikan  permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.5. Memahami organisasi prosesor, register, dan siklus instruksi (fetching, decoding, 
       executing).

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Indikator :
Pertemuan Ke-1 :
1. Menjelaskan kontrak pembelajaran
2. Mampu Menjelaskan dan memahami Integreted Circuit (IC)
3. Mampu Menjelaskan  Organisasi Prosesor

Pertemuan Ke-2 :
1. Mampu Menjelaskan dan memahami Register
2. Mampu Menjelaskan dan memahami siklus intruksi

Pertemuan Ke-3 :
1. Mampu Menjelaskan dan memahami decoder dan encoder
2. Mampu Menjelaskan dan memahami multiplexer dan shift register

Pertemuan Ke-4 :
1. Mampu Menjelaskan dan memahami fetching, decoding, executing
2. Mampu Menjelaskan perbedaan dari fetching, decoding, executing

4.5 Menggunakan organisasi prosesor, register dan siklus instruksi (fetching, decoding, 
       executing) untuk memecahkan masalah.

C. Materi Pembelajaran
Organisasi Prosesor, Register, dan Siklus Instruksi
•Fetching
•Decoding
•Executing

D. Metode Pembelajaran
Pendekatan         : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Problem solving learning

E. Alat/Sumber/ Media Pembelajaran :
Alat                 : LCD, laptop
Sumber Pembelajaran : Modul Organisasi dan arsitektur computer (internet)
Media Pembelajaran : Presentasi, Video

F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.    Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
2. Siswa menerima informasi keterkaitan antara pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.   Siswa menerima informasi kompentensi, materi pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru mengarahkan siswa agar pembelajaran dapat mengembangkan sikap santun, jujur, tanggung jawab, cinta damai melalui kegiatan belajar teks anekdot.






15  menit
Kegiatan Inti
Pertemuan 1
Mengamati
Tayangan teknologi Integreted Circuit dan organisasi prosesor terbaru.
Menanya
Mendiskusikan penerapan Integreted Circuit dan organisasi prosesor
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi Integreted Circuit dan organisasi prosesor
Mengasosiasi
Menyimpulkan kerja Integreted Circuit dan organisasi prosesor
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang kerja Integreted Circuit dan organisasi prosesor







 60 menit
Kegiatan Inti
Pertemuan 2
Mengamati
Tayangan Kemampuan komputer modern
Menanya
Mendiskusikan tentang fungsi register dan siklus intruksi
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi cara kerja register dan siklus intruksi
Mengasosiasi
Menyimpulkan cara kerja register dan siklus intruksi
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang cara kerja register dan siklus intruksi







 60 menit
Kegiatan Inti Pertemuan 3
Mengamati
Tayangan bagaimana proses terjadinya decoder dan encoder serta  multiplexer dan shift register
Menanya
Mendiskusikan fungsi decoder dan encoder serta  multiplexer dan shift register
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi fungsi decoder dan encoder serta  multiplexer dan shift register
Mengasosiasi
Menyimpulkan fungsi decoder dan encoder serta  multiplexer dan shift register
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang fungsi decoder dan encoder serta  multiplexer dan shift register
60 menit
Kegiatan Inti Pertemuan 4
Mengamati
Tayangan bagaiman terjadinya proses fetching, decoding, executing
Menanya
Mendiskusikan perbedaan  fetching, decoding, executing
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi proses fetching, decoding, executing
Mengasosiasi
Menyimpulkan proses  dan perbedaan fetching, decoding, executing
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil tentang proses  dan perbedaan fetching, decoding, executing
60 menit
Kegiatan Penutup
1.      Siswa bersama guru menyimpulkan 
       pembelajaran
3.  Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
4.   Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

15 menit

         Penilaian
         a. Jenis Penilaian
                - Non tes : Penilaian sikap religi (KD 1.2), sikap sosial (KD 2.1)
               - Tes     : Uraian terstruktur (KD 3.5) dan tes perbuatan (KD 4.5)
         b.Bentuk Instrumen Penilaian
              - Non Tes
1.      Penilaian pengamatan sikap mensyukuri anugerah Tuhan (KD 1.2)
No
Nama Siswa
Kriteria
1
2
3
4






1.      Penilaian pengamatan Perilaku  tanggung jawab, peuli, respnsif, santun (KD 2.1)
No
Nama Siswa
Aspek penilaian
Jumlah Skor
Tanggung Jawab
Peduli
Responsif
Kesantunan














      Instrumen KD 3.5 dan 4.5 
     Penilaian Pengetahuan

1. Jelaskan Fungsi CPU (Skor 10)
2. Gambarkan diagram Siklus Interuksi Dasar (Skor 15)
3. Jelaskan bagaimana proses Siklus Fetch - Eksekusi terjadi dalam CPU (Skor 15)
4. Gambarkan diagram detail siklus operasi (Skor 15)
5. Gambarkan Siklus eksekusi instruksi dengan interrupt (Skor 15)
6. Jelaskan Perbedaan Mendasar antara decoder dan encoder (Skor 15)
7. Jelaskan Jenis-jenis register (Skor 15)

LihatTutupKomentar

Renponsif 2